1. Apa perbedaan etika dengan etiket ?

Jadi etika adalah peraturan atau normanya yang mengatur perilaku atau sikap manusia baik yang mesti dilakukan maupun yang dilarang terhadap manusia tersebut. Dan kalau etiket adalah tata caranya dari perilaku yang harus dilakukan manusia, contohnya jadi bila seseorang sedang makan bersama orang lain maka seseorang tersebut merokok diantara orang-orang yang sedang makan, maka seseorang tersebut dapat dikatakan melanggar etiket.

  1. Apa yang dimaksud dengan etika profesi akuntansi ?

Peraturan yang mengatur perilaku baik maupun buruknya seseorang terhadap pekerjaan sebagai akuntan atau pengetahuan akuntansi yang dimilki oleh seseorang tersebut. Jadi contohnya seseorang yang memilki etika dengan membantu pemberian pelatihan atau pengetahuan sebagai akuntan terhadap orang lain yang membutuhkan.   

  1. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika ?

–          Kebutuhan individu, dimana dalam hal ini yang dimaksudkan adalah dimana seseorang dapat meraih keinginan yang diinginkan dalam konteks negative untuk memenuhi kebutuhannya, dan keinginan tersebut termasuk dalam hal perilaku yang tidak sesuai atau disebut dengan pelanggaran etika.

–          Pelanggaran etika terjadi karena bisa dikarenakan tidak ada pandangan yang jelas terhadap perilaku atau sikap yang sebagaimana harus dilakukan

–          Kebiasaan atau perilaku yang tidak wajar atau bisa disebut sebagai pelanggaran etika yang dilakukannya tidak sesuai pada tempatnya.

–          Lingkungan yang tidak sesuai, jadi misalnya seseorang yang mendiami dilingkungan yang tidak sesuai maka seseorang tersebut terpengaruh terhadap lingkungannya dikarenakan faktor psikologi sosial.

  1. Sebutkan jenis-jenis etika ?

–          Etika deskriptif, etika yang memberikan fakta dalam mengambil keputusan terhadap sikap yang mau diambil. Sebagai contoh ada keluarga yang orang tuanya masih percaya terhadap tradisi adat, maka dari itu wejangan dari orang tua selalu di gunakan terhadap orang-orang jaman sekarang karna percaya terhadap fakta dari orang tuanya.

–          Etika normative, etika yang memberikan penilaian sebagai dasar dari perilaku yang ingin diambil. Sebagai contoh seorang wanita melakukan aborsi, karena aborsi sama saja dengan membunuh anak yang tidak bersalah dan itu dilarang, maka dari itu aborsi merupakan perbuatan yang sangat dilarang dan memiliki sanksi norma tehadap perilaku tersebut